produsen briket 085708100051

Briket adalah gumpalan yang terbuat dari bahan lunak yang dikeraskan. Briket merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang memiliki prospek bagus untuk dikembangkan. Karena, selain dari proses pembuatannya yang mudah, ketersediaan bahan bakunya juga mudah didapat. Beranjak dari kondisi tersebut, peneliti berupaya membuat arang briket dengan kombinasi bahan arang tempurung kelapa dan ampas tebu. Untuk mengetahui kualitas yang baik pada arang briket yang dihasilkan dapat dilihat dari hasil pengujian kimia meliputi kadar air, kadar abu dan kadar zat menguap sedangkan pengujian fisik dengan pengujian indrawi terhadap tekstur, warna dan lama pembakaran (Anonim 2009).

produsen briket


Pada dasarnya briket bioarang adalah salah satu inovasi energi alternatif sebagai pengganti arang konvensional yang berasal dari kayu. Bahan dasarnya dapat di ambil dari serasah dan daun-daun kering lainnya. Keuntungan yang diperoleh dari briket bioarang ini antara lain adalah :

1. Dapat menghasilkan panas pembakaran yang tinggi

2. Asap yang dihasilkan lebih sedikit daripada arang konvensional, sehingga meminimalisir  pencemaran udara

3. Bentuknya lebih seragam dan menarik, karena dicetak dengan menggunakan alat cetak sederhana

4. Pembuatan bahan baku tidak menimbulkan masalah dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan

5. Pada kondisi tertentu dapat menggantikan fungsi minyak tanah dan kayu bakar sebagai sumber energi bahan bakar untuk keperluan rumah tangga

6. Lebih murah bila dibandingkan dengan minyak tanah atau arang kayu.


7. Masa bakar jauh lebih lama daripada arang biasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar